Apa yang bayangkan jika melihat kincir angin, bunga tulip, negeri ratu  beatrix, dan kota-kota yang berakhiran dam dam dam. Yo…. siapa yang tidak mengetahui dengan negeri Belanda. Salah satu negeri kecil-kecil cabe rawit yang telah menelurkan berbagai inovasi ke seluruh penjuru dunia. Sepeda yang menjadi ciri khas negeri ini sehingga mengurangi polusi yang dapat merusak kesehatan, teknologi perbankan chipknip hingga masuk meraih pengharagaan Nobel. Wow…….. negeri mana yang tidak mau mendapat penghargaan nobel. Pasti penduduk negeri Belanda bangga punya orang dengan otak-otak encer seperti ini.
Memang Belanda dengan sejuta kejutan tidak hanya berinovasi untuk membuat susu keju atau kincir angin, berbagai hadiah nobel dibidang kedokteran, fisika, kimia bahkan perdamaian diraih oleh negeri dengan penduduk 17 juta orang menurut CBS tahun 2050. Lho kok bisa?
Jangan tanya saya mengenai hal ini, perlu tanya orang Belanda langsung hehe. Tapi itulah kenyataannya, Belanda termasuk negeri dengan meraih 10 besar penghargaan nobel. Perlu 10 jempol kalau negeri Belanda memang salah satu negeri dengan inovasi yang luar biasa. Tapi rasanya jempol tangan saya tidak cukup banyak, coba kalau jari tangan saya jempol semua, kuangkat semuanya.
Nama-nama hebat yang pernah singgah di Indonesia salah satunya adalah Christiaan Eijkman, seorang putra dari kepala sekolah yang menemukan penyebab penyakit beri-beri pada waktu melakukan tugasnya di Hindia Belanda. Dia menemukan bahwa pericarpium-kulit ari beras dapat mencegah penyakit beri-beri. Nah hebat kan…
Ada juga yang lainnya, misalnya Willem Einthoven yang lahir 1860-an di Semarang. Dia menemukan peralatan elektrokardiografi yang berperan dalam dunia medis terutama mengenai jantung. Dengan penemuan alat EKG berbagai penyakit jantung dapat didiagnosis dengan lebih mudah.
Satu lagi dibidang kedokteran, ada Nikolaas Tinbergen yang meneliti berbagai perilaku binatang yang dengan metodenya diterapkannya untuk menangani gejal autisme pada anak. Kok sejak tadi saya bicara mengenai peraih nobel dari Belanda dibidang kedokteran ya? Maklum mahasiswa kedokteran.
Tapi lebih dari beberapa orang yang telah sebagian dipaparkan diatas masih ada beberapa orang Belanda yang meraih penghargaaan Nobel seperti Nicholas Bloembergen di bidang fisika,Paul Crutzen di bidang kimia Tjalling Koopmans di bidang Ekonomi dan masih banyak lagi yang lain.
Kelihatannya pendidikan yang baik dan dukungan dari semua penduduk dari negeri Belanda mendorong berbagai inovasi diberbagai bidang kehidupan. Negeri ini pantas untuk menjadi contoh bagi negara lain jika menginginkan penduduknya maju dalam berbagai bidang kehidupan.
Seperti kata Sir Francis Bacon, bahwa Knowledge is Power kelihatannya melekat dengan keadaan negeri Belanda, dengan berbagai inovasi teknologi dan ilmu pengetahuan yang dimiliki digunakan secara sebesar-besarnya demi kepentingan masyarakat. Ilmu pengetahuan yang luas dimilki oleh Belanda telah mengantarkan negeri ini meraih pengahargaan nobel, siapa tahu kedepan akan lebih banyak inovasi yang tercipta dari negeri kincir angin ini sehingga berguna bagi penduduk negara ini maupun seluruh penduduk bumi.
Bagaimana dengan negara saya? Semoga saya juga menjadi agen perubahan seperti  Christiaan Eikjman dan Einthoven suatu saat nanti.
Sampai jumpa. Tot straks